Saturday, October 20, 2012

Intel Mengumunkan Platform Penyimpanan Awan Berbasis Atom

Sekarang ini banyak layanan penyimpanan berbasis awan yang dapat dipilih, bahkan disediakan secara gratis dengan batas kuota tertentu seperti Dropbox, Amazon, Apple, Google, dan Microsoft, dan jika anda merasa sudah cukup banyak layanan ini, tunggu dulu, rupanya Intel juga ingin bergabung dengan memperkenalkan layanan serupa buatan mereka. Layan penyimpanan data berbasis Atom ini menargetkan baik untuk konsumen pribadi atau bisnis kecil.


Perangkat-perangkat penyimpan ini dasarnya berupa NAS (network-attach storage) yang ditenagai oleh prosesor Atom Intel D2550 atau D2500, tergantung NAS mana yang anda dapatkan. Perangkat NAS ini dapat digunakan untuk melindungi, back-up dan berbagi konten melalui awan. Perusahaan seperti Asustor, QNAP, dan Thecus sudah berencana untuk membuat perangkat NAS yang dilengkapi dengan prosesor Intel.


Intel mempromosikan platform baru ini sebagai cara bagi bisnis kecil dan bahkan konsumen untuk mengelola pertumbuhan kebutuhan penyimpanan yang sedang terjadi secara real-time. Sistem penyimpanan berbasis Atom ini juga akan memiliki kemampuan multimedia dan akan mendukung McAfee AntiVirus dan VirusScan. Pengguna juga dapat mengakses data di awan melalui browser, perangkat mobile, atau komputer lain.


Untuk perangkat ini, Intel lebih berfokus ke perlindungan dan privasi, karena mereka beranggapan dua hal tersebut lah yang menjadi nilai terbesar bagi konsumen dan bisnis.

No comments:

Post a Comment