Tuesday, October 16, 2012

Motorola Catat Satu Kemenangan Melawan Microsoft di Pengadilan Jerman

Selain perang antara Samsung dan Apple, salah satu perang paten lain yang menarik diperhatikan adalah perang gugatan antara Microsoft dan Motorola, perusahaan yang sekarang dibeli oleh Google. Kedua perusahaan saling gugat terkait paten yang dianggap telah dilanggar pesaingnya dan telah didaftarkan di beberapa pengadilan.


Dalam 'perang' terakhir di pengadilan Mannheim, Jerman, Motorola memperoleh kemenangan atas Microsoft terkait paten yang berhubungan dengan API pada ponsel. Kemenangan ini dinilai cukup melegakan Motorola karena sebelumnya telah kalah dalam beberapa sidang kasus ketika berhadapan dengan Microsoft di pengadilan.


Sebelumnya, Microsoft menang dalam sidang terkait paten yang menampilkan SMS dalam bentuk jamak di pengadilan Munich. Selain itu Microsoft juga menang dalam perkara paten yang mencakup metode dan sistem input yang memungkinkan perangkat memperoleh masukan secara fleksibel, baik melalui suara ataupun layar sentuh. Beberapa kemenangan Microsoft di pengadilan tersebut masih dalam upaya banding oleh Motorola.


Pihak Microsoft sendiri telah mengeluarkan pernyataan terkait kemenangan Motorola ini. Menurut David Howard, Wakil Presiden dan Deputy General Counsel, keputusan tersebut tidak mempengaruhi keputusan jamak terkait injungsi yang diperoleh Microsoft dan yang diterapkan kepada produk Motorola di Jerman. (Menurut Microsoft), Motorola masih banyak melanggar properti intelektual milik Microsoft, dan oleh karena itu pihak Microsoft berharap agar Motorola bergabung bersama para pembuat perangkat Android lainnya yang melakukan lisensi terhadap paten milik Microsoft.


Pihak Motorola yang sekarang dimiliki Google, nampaknya tak akan mau melisensi paten Microsoft untuk Android. Oleh karenanya diperkirakan proses hukum antara Motorola dan Microsoft masih terus akan berlanjut.


via Engadget

No comments:

Post a Comment